SELAMAT DATANG DI WEBBLOG PRIBADI SAID ABDULLAH
Semoga Termotivasi

Menyambut Ramadhan Dengan Buku Versi Anak Shaleh


Judul Buku    : Dahsyatnya Ramadhan, Panduan Meraih Keutamaan di Bulan Suci
 
Penulis         : Akhmad Muhaimin Azzet & Aziz Safa
Penerbit       : Darul Hikmah, Yogyakarta
Tahun          : Cetakan pertama, Juli 2010
Tebal            : 126 hlm.
Harga           : Rp.22.000,-

Sebentar lagi Ramadhan akan tiba. Marilah mempersiapkan diri untuk menyambut bulan yang penuh dengan kemuliaan itu. Rasulullah Saw. juga memberikan perhatian khusus ketika menghadapi bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadits, yakni dari Salman r.a., ia berkata bahwa pada akhir bulan Sya’ban, Rasulullah Saw. berkhutbah, sebagai berikut:

“Wahai manusia, telah dekat kepadamu bulan yang agung lagi penuh berkah. Bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Bulan yang di dalamnya Allah menjadikan puasa sebagai fardhu dan bangun malam sebagai sunnah. Barangsiapa yang mendekatkan diri di dalamnya dengan beramal sunnah, maka (pahalanya) seperti orang yang beramal fardhu pada bulan lainnya. Dan barangsiapa beramal fardhu di dalamnya, maka pahalanya seperti orang yang beramal tujuh puluh amalan fardhu pada bulan lainnya. Inilah bulan kesabaran, dan pahala sabar adalah surga. Inilah bulan kasih sayang, bulan saat rezeki seorang Mukmin ditambah. Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya, dan mendapatkan pahala yang sama tanpa mengurangi pahala orang (yang berpuasa) itu sedikit pun.”

Mereka berkata, “Ya Rasulullah, tidak setiap kami memiliki makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka puasa.”

Beliau bersabda, “Allah memberi pahala kepada orang yang memberi makanan untuk berbuka puasa, meskipun dengan sebutir kurma, seteguk air, atau sesisip susu. Inilah bulan yang awalnya penuh rahmat, tengahnya penuh ampunan, dan akhirnya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa meringankan beban bagi hamba-hamba sahayanya pada bulan itu, maka Allah akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Perbanyaklah empat amalan pada bulan itu. Dua di antaranya menyenangkan Tuhannya, dan dua lainnya kamu pasti memerlukannya. Adapun dua perkara yang dengannya kamu menyenangkan Tuhanmu adalah: bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan kamu mohon ampunan-Nya. Dan dua perkara yang kamu pasti memerlukannya adalah: kamu memohon surga kepada Allah dan kamu berlindung kepada-Nya dari api neraka. Barangsiapa memberi minum kepada orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya seteguk minum dari telagaku yang ia tidak akan haus hingga ia masuk surga.” (HR Khuzaimah, Baihaqi, dan Ibnu Hibban)

Bulan Ramadhan memang istimewa, di dalamnya Allah Swt. memberikan banyak keutamaan kepada orang yang berpuasa dan beramal saleh. Inilah sebuah yang mengupas betapa dahsyat bulan Ramadhan sekaligus berisi panduan untuk meraih banyak keutamaan di bulan suci. Mulai dari puasa yang sempurna—baik lahir maupun batin—shalat tarawih, tadarus Al-Qur’an, shalat witir, sedekah, Lailatul Qadar, i’tikaf, zakat fitrah, dan shalat Idul Firi. Dilengkapi pula dengan doa harian, mulai hari pertama hingga akhir Ramadhan. Sebuah buku yang penting untuk dibaca.

4 komentar: Leave Your Comments

Tinggalkan Pesanmu dan kita berbagi bersama
Membangun Diri Bersama
Sukses Bersama